Minggu, 12 April 2009

BRKP akan Kembangkan UKM Pengolah Patin di Pekalongan

Badan Riset Kelautan dan Perikanan (BRKP) berencana mengembangkan UKM pengolahan produk perikanan di Pekalongan, Jawa Tengah. Menurut Agus Heri Purnomo, Kepala Balai Besar Riset Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan-BRKP, pengembangan UKM pengolahan produk perikanan di Pekalongan dimaksudkan untuk menyerap komoditas ikan patin yang mulai banyak dihasilkan oleh para pembudidaya di wilayah tersebut.
“Awalnya BRKP hanya mengembangkan budidaya ikan patin. Tetapi kita juga harus berpikir untuk menciptakan pasar. Salahsatunya melalui pengembangan UKM pengolahan ikan patin,” papar Agus ketika dihubungi (8/5). Pengembangan UKM ini juga bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah ikan patin. Sebab harga ikan patin segar pada akhir-akhir ini selalu berada di bawah biaya produksi. Padahal biaya produksi terus meningkat sebagai konsekuaensi dari kenaikan harga pakan.
“Jika UKM olahan patin berkembang, maka harga patin juga akan ikut terdongkrak,” katanya. Selain itu, pembudidaya juga bisa langsung mengolah dan menjualnya dalam bentuk produk olahan yang jauh lebih menguntungkan.
Dalam hal ini BRKP bersama Pemda Pekalongan akan menggandeng Yudhi Winarsono Basuki, salahseorang pendiri UKM pengolahan produk perikanan di wilayah Citayam-Bogor. “Rencananya pelatihan tersebut akan mulai dilaksanakan pada Juli tahun ini,” ujar Agus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar